Wednesday, December 19, 2018

PEMBAHASAN RIDDLE


            Pada postingan saya yang pertama, saya menulis 5 horror riddle, dan langsung saja sekarang akan saya bahas jawabannya.
Intinya dalam memecahkan sebuah riddle, kita harus mencari kata kunci dari paragraf yang tersusun. Karena dari paragraf tersebut pasti ada kata yang paling mencolok sebagai clue dari riddle tersebut. Mari kita mulai dari riddle nomor 1.

1. LIFT APARTEMEN
            Nah dari keseluruhan riddle, saya paling suka riddle yang satu ini karena saya tidak melihat keanehan di paragrafnya. Jadi kata kunci untuk memecahkan riddle ini adalah pada kalimat “Setelah memarkir mobilku di lantai dasar, aku pun menunggu didepan pintu lift”. Tapi kemudian ketika liftnya terbuka, ternyata ada tetangganya didalam. Logikanya seperti ini, bagaimana mungkin ada orang yang muncul dari dalam lift untuk menuju ke atas? Sementara si aku berada pada lantai dasar. Yang menambah kesan horror pada riddle ini adalah, ada kecelakaan yang terjadi didekat apartemennya. Sehingga pembaca bisa berasumsi bahwa mungkin saja orang didalam lift tersebut adalah hantu dari kecelakaan didekat apartemennya.

            2. KERETA
            Riddle yang ini penulisannya sangat singkat dan terkesan juga tidak memiliki keanehan. Jadi kalimat kunci untuk memecahkan riddle ini adalah “sehari-hari aku bekerja di dalam kereta.” Jika orang lain berkata bahwa dia bekerja seharian didalam kereta, maka kemungkinan besar kita akan berfikir bahwa dia bekerja sebagai masinis. Benar, dalam riddle ini si aku berprofesi sebagai seorang masinis. Yang membuat riddle ini menjadi horror adalah kita berasumsi bahwa dia sedang menjalankan kereta dan tiba-tiba seorang wanita muncul dihadapannya, yang artinya wanita tersebut melompat kedepan kereta untuk bunuh diri.

            3. SAHABAT SEJATI.
            Untuk riddle yang satu ini, penulisannya agak panjang tapi jawabannya cukup simpel. Jadi ke 4 sahabat ini bermain saling berlari ke sudut ruangan untuk menepuk pundak teman mereka. Digambarkan seperti ini A berlari ke sudut B, otomatis A akan mendiami sudut B. Kemudian B berlari ke C, dan otomatis B akan mendiami sudut C. Kemudian C berlari ke sudut D, dan  otomatis C akan mendiami sudut D. Dan yang menjadi masalahnya adalah, apabila D berlari kesudut A, bukankah tidak ada orang disana karena A sudah mendiami sudut B. Maka asumsi yang terbentuk adalah apakah si mayat ikut bermain sebagai tanda persahabatan sejati?.

            4. TELEPON DITENGAH MALAM.
            Untuk riddle yang satu ini, kalimat kunci untuk memecahkannya adalah “ Lagi enak-enaknya tidur, tiba-tiba ada telepon berdering dikamarku. Saking terkejutnya, aku yang saat itu sedang memeluk guling akhirnya terjatuh dari tempat tidur.” Si aku sedang memeluk guling kemudian jatuh, maka asumsi kita adalah gulingnya berada dibawah tempat tidur. Tapi pada kalimat selanjutnya “akupun naik ke atas tempat tidur lagi dan melanjutkan tidur sambil memeluk guling lagi.” Bukankah guling si aku berada dibawah tempat tidur? Jadi apa yang dia peluk?

            5. ANAKKU
            Butuh sedikit kejelian untuk memecahkan riddle ini, karena kata kuncinya terdapat pada diawal kalimat :  “Aku panik begitu menyadari anakku yang baru berusia satu tahun menghilang”. Tertulis disana anaknya berusia satu tahun. Sementara pada kalimat berikutnya tertulis  “untunglah aku bisa melihat jejak kakinya di pasir, berjalan ke arah tertentu.” Tidak pernah kita jumpai anak berusia 1 tahun sudah bisa berjalan. Jadi sebenarnya siapa yang  membawa anaknya dan meletakkannya diatas ayunan?


Sekian pembahasannya!